Diberdayakan oleh Blogger.

9 Fakta tentang bumi

Selasa, 18 Desember 2012

1.Bumi tidaklah bulat penuh
Bumi memang berbentuk seperti bola, tapi karena adanya gaya grafitasi bumi menjadi lingkaran tak sempurna.Bahkan karena grafitasi ini terjadi tonjolan2 disekitar khatulistiwa.
Untuk melihat ukuran2 bumi silahkan klik disini.
2.Nama  "earth"/ bumi berasal dari Anglo-Saxon.
kalau nama-nama planet di tatasurya kita diambil dari nama-nama dewa bangsa Yunani atau Romawi, tidak dengan nama planet yang kita tinggali, Earth diambil dari kata Anglo-Saxon "Erda" yang berarti bumi (earth).

3.Sehari tidak sampai 24 jam
Waktu sebenarnya yang diperlukan bumi berputar pada porosnya adalah 23 jam 56 menit 4 detik.

4. Bumi sebagai satu-satunya planet yang punya lempeng tektonik.
Para Ilmuwan percaya bahwa bumi mempunyai 7 lapisan/lempeng kerak bumi, dan setiap lapisan ini bergerak berlawanan, karena bergerak berlawanan menyebabkan lempeng ini bertabrakan, karena tabrakan inilah bisa terjadi gempa bumi dan gunung berapi, segi keuntungan dari tabrakan ini adalah keluarnya karbon untuk kelangsungan hidup makhluk di Bumi.

5.Bumi mempunyai Planet kembar yang disebut Theia
Para ilmuwan percaya sampai 4,5 milyar tahun lalu bumi mempunyai planet kembar bernama theia yang seukuran mars, karena tabrakan dengan bumi sebgaian planet theia diserap bumi dan sisanya membentuk bulan.

6.Orbit hampir sempurna dari Bulan
Sebenernya tidak ada sisi gelap di Bulan, gaya gravitasi bumi lah yang menyebabkan bulan bergerak lambat dan hanya berotasi 24 jam, sehingga klo tidak bulan purnama bulan hanya terlihat sebagaian atau bahkan hanya seperti sabit.tapi orbit bulan ini hampir menyerupai lingkaran sempurna.

7. Hampir 90% lautan belum dieksplorasi
Manusia sudah berlomba-lomba untuk mencapai Bulan dan mars, tapi para ilmuwan dan para ahli kelautan percaya bahwa hanya 10% dari lautan yang diketahui.sampai saat ini manusia baru mengetahui 212.906 jenis  spesies laut, tidak menutup kemungkinan masih lebih dari 25 juta spesies lain yang belum diketahui, dan mungkin juga mitos loch ness atau naga laut bukan sekedar mitos.

8.Suhu terendah adalah -128,6 F
Tempat terdingin sementara dibumi adalah antartika dengan suhu -100 F, padahal pada 21 Juli 1983 di Vostok Station di Rusia sensor mencatat suhu -128,6 F.Sedang tempat terpanans tercatat 136 F di azizia Libya.

9.Mount Everest bukan puncak tertinggi di Bumi
Everest adalah gunung paling terkenal di Dunia dengan tinggi 29.035 kaki dari permukaan laut, tapi mengingat bumi tidak benar2 bulat dam mempunyai tonjolan disekitar khatulistiwa ini berarti meskipun gunung Chimborazo yang berada di Equador hanya 20.564 kaki dari permukaan laut akan lebih tinggi 1,5 Mil.


Sumber : oddee.com







Labels:

0 komentar:

Posting Komentar